Senin, 24 Desember 2012

Radioaktif

Lambang Radioaktif
Unsur radioaktif merupakan unsur dengan inti yang tidak stabil. Untuk mencapai kestabilan, unsur ini akan mengalami reaksi inti dengan memancarkan sinar radioaktif. Gejala pemancaran sinar radioaktif ini disebut  radioaktivitas.

Penemuan radioaktif diawali dengan eksperimen mengenai luminensi yang dilakukan oleh Wilhelm Rontgen, seorang ahli fisika jerman pada tanggal 5 November 1895. Ia mulai dengan mengalirkan listrik secara langsung melalui tabung gelas hampa udara (tabung sinar katoda) yang ditempatkan dalam kotak kardus yang telah dihitamkan. Ketika ia menyalakan tabung tersebut, tak sengaja ia menangkap pancaran cahaya di luar kotak. Cahaya tersebut berasal dari selembar kertas berlapis barium platinocianida. Ketika Rontgen mematikan sinar katoda, cahaya tersebut ikut padam. Kemudian ia mengambil kertas berlapis barium platinocianida ke ruang sebelah yang terhalang oleh tirai dan pintu. Ketika ia menyalakan tabung sinar katoda, kertas itu bercahaya lagi. Cahaya ini tidak kasat mata dan dapat menembus kotak kardus maupun material lain, serta dapat membekas pada plat foto. Rontgen menyebut sinar misterius tersebut dengan nama sinar-X. Pada tahun 1896, ia menunjukkan bahwa sinar-X dapat menggambarkan struktur tulang jari dan pergelangan tangan manusia. Selain itu, sinar-X juga dapat menunjukkan posisi peluru di kaki pasien. Namun, beberapa tahun kemudian ditemukan bahwa paparan sinar-X yang berlebihan menyebabkan leukimia.

Wilhelm Rontgen

Penemuan sinar Rontgen membuat Henry Becquerel tertarik untuk meneliti zat yang bersifat fluoresensi. Pada awal tahun 1896, Becquerel mulai meneliti garam potasium uranil sulfat. Ia menempatkan kristal garam ini pada plat foto yang dibungkus kertas hitam dan meletakkannya di bawah sinar matahari. Ternyata dugaan itu benar bahwa sinar yang dipancarkan garam potasium uranil sulfat dapat menghitamkan plat foto yang masih terbungkus kertas hitam. Akan tetapi, Becquerel juga menemukan bahwa garam tersebut  memancarkan sinar berdaya tembus tinggi, meskipun tanpa harus disinari terlebih dahulu. Selain itu, Becquerel juga mengamati efek lain yang lebih menarik perhatiannya. Ternyata garam potasium uranil sulfat tersebut terus mengalirkan radiasi konstan ke semua arah meskipun ditempatkan di ruang yang terang maupun gelap.

Henry Becquerel

Pada tanggal 16 Desember 1897, Marie Curie memulai eksperimen mengenai radiasi. Eksperimen ini mengikuti penemuan yang dibuat oleh Rontgen dan Becquerel. Marie Curie bersama-sama dengan suaminya mempelajari unsur-unsur uranium yang berbeda, mulai dari pitchblende sampai garam uranium. Dalam eksperimennya itu, mereka menemukan dua unsur lain dari bijih uranium yang jauh lebih aktif dari uranium murni itu sendiri. Kedua unsur itu mereka namakan masing-masing polonium (berdasarkan nama Polonia, negara asal dari Marie Curie), dan radium (berasal dari kata Latin radiare yang berarti bersinar). 

Marie Curie

Ternyata, banyak unsur yang secara alami bersifat radioaktif. Semua isotop yang bernomor atom diatas 83 bersifat radioaktif. Unsur yang bernomor atom 83 atau kurang mempunyai isotop yang stabil kecuali teknesium dan promesium. Isotop yang bersifat radioaktif disebut isotop radioaktif atau radioisotop, sedangkan isotop yang tidak radioaktif disebut isotop stabil. Dewasa ini, radioisotop dapat juga dibuat dari isotop stabil. Jadi disamping radioisotop alami juga ada radioisotop buatan. 

Dampak Negatif Penggunaan Radioisotop

Radiasi yang dipancarkan oleh unsur radioaktif dapat menyebabkan beberapa kerusakan pada organ tubuh manusia, misalnya :

1.    Kerusakan karena efek somatik
Efek somatik akibatnya akan tampak dalam kurun waktu yang relatif dekat. Yang termasuk di dalamnya antara lain kerusakan pada sistem saraf, sistem pencernaan, sumsum tulang/sel-sel darah, organ reproduksi, kelenjar thyroid, mata, paru-paru, dan ginjal.

2.    Kerusakan karena efek tertunda
Efek tertunda, atau sering disebut dengan efek stokastik, memerlukan waktu yang lama untuk dapat diketahui akibatnya. Karena tenggang waktu yang lama, maka tidak mudah untuk menentukan apakah kelainan yang terjadi pada organ tubuh tersebut merupakan akibat dari radiasi atau karena sebab lainnya.

Beberapa bentuk efek tertunda akibat radiasi antara lain neoplasma (perubahan bentuk atau perubahan pertumbuhan sel karena radiasi), katarak yang dipengaruhi pula oleh faktor usia dan dosis radiasi, kemandulan, baik kemandulan permanen maupun kemandulan parsial, berkurangnya usia harapan hidup, dan hambatan pada pertumbuhan (besarnya hambatan dipengaruhi oleh faktor umur janin dan dosis radiasi yang diterima).

3.    Kerusakan karena efek genetik
Efek genetik disebut juga dengan heredity effects. Efek radiasi, khususnya radiasi nuklir, menyebabkan terjadinya mutasi gen. Hal ini sesuai teori yang mengatakan bahwa kromosom dalam sel memang dapat berubah atau mengalami mutasi.

Dampak Positif Penggunaan Radioisotop

1.    Bidang Kesehatan
Ada berbagai radioisotop yang dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan, baik itu sebagai perunut maupun sebagai sumber radiasi.

Sebagai perunut, radioaktif bermanfaat dalam banyak unsur, seperti Iodium-131 yang digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada kelenjar gondok dan untuk mendeteksi jaringan kanker pada otak. Pemancaran sinar gamma Kobalt-60 (Co-60) digunakan untuk membunuh sel-sel kanker. Talium-201 (Tl-201) digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung dan pembuluh darah. Besi-59 (Fe-59) digunakan untuk mempelajari proses pembentukan sel darah merah. Fosforus-32 (P-32) digunakan untuk pengobatan penyakit yang disebabkan karena pembentukan sel darah merah yang berlebihan (polycythemia rubavera).
 
Sedangkan penggunaan radioisotop yang bermanfaat sebagai sumber radiasi, diuraikan seperti berikut :
a.     Sterilisasi radiasi.
       Radiasi dalam dosis tertentu dapat mematikan mikroorganisme sehingga dapat digunakan untuk sterilisasi alat-alat kedokteran. Steritisasi dengan cara radiasi mempunyai beberapa keunggulan, yaitu :
1) Sterilisasi radiasi lebih sempurna dalam mematikan mikroorganisme.
2) Sterilisasi radiasi tidak meninggalkan residu bahan kimia.
3) Karena dikemas dulu baru disetrilkan, maka alat tersebut tidak mungkin tercemar bakteri lagi sampai kemasan terbuka. Digunakan sinar gamma dalam proses sterilisasi ini.

b.     Terapi tumor atau kanker.
     Berbagai jenis tumor atau kanker dapat diterapi dengan radiasi. Sebenarnya, baik sel normal maupun sel kanker dapat dirusak oleh radiasi, tetapi sel kanker atau tumor ternyata lebih sensitif (lebih mudah rusak). Oleh karena itu, sel kanker atau tumor dapat dimatikan dengan mengarahkan radiasi secara tepat pada sel-sel kanker tersebut.

2.    Bidang lndustri
Untuk mempelajari pengaruh oli dan aditif pada mesin selama mesin bekerja digunakan suatu isotop sebagai perunut. Dalam hal ini, piston, ring dan komponen lain dari mesin dengan isotop radioaktif dari bahan yang sama. Dalam fungsinya sebagai sumber radiasi, radioisotop digunakan untuk beberapa kegiatan industri lainnya, antara lain :
a.    Pemeriksaan tanpa merusak
Radiasi sinar gamma dapat digunakan untuk memeriksa cacat pada logam atau sambungan las, yaitu dengan meronsen bahan tersebut. Tekhnik ini didasarkan pada sifat bahwa semakin tebal bahan yang dilalui radiasi, maka intensitas radiasi yang diteruskan makin berkurang, jadi dari gambar yang dibuat dapat terlihat apakah logam merata atau ada bagian-bagian yang berongga didalamnya. Pada bagian yang berongga itu film akan lebih hitam.

b.    Mengontrol ketebalan bahan
Ketebalan produk yang berupa lembaran, seperti kertas film atau lempeng logam, dapat dikontrol dengan radiasi. Prinsipnya sama seperti diatas, bahwa intensitas radiasi yang diteruskan bergantung pada ketebalan bahan yang dilalui. Detektor radiasi dihubungkan dengan alat penekan. Jika lembaran menjadi lebih tebal, maka intensitas radiasi yang diterima detektor akan berkurang dan mekanisme alat akan mengatur penekanan lebih kuat sehingga ketebalan dapat dipertahankan.

c.    Pengawetan bahan
Radiasi juga telah banyak digunakan untuk mengawetkan bahan seperti kayu, barang-barang seni, dan lain-lain. Radiasi juga dapat meningkatkan mutu tekstil karena mengubah struktur serat sehingga lebih kuat atau lebih baik mutu penyerapan warnanya. Berbagai jenis makanan juga dapat diawetkan dengan dosis yang aman sehingga dapat disimpan lebih lama.

3.    Bidang Hidrologi
Radioaktif dapat dimanfaatkan untuk mempelajari kecepatan aliran sungai dan menyelidiki kebocoran pipa air bawah tanah.

4.    Bidang Biologis
Radioaktif berguna untuk mempelajari kesetimbangan dinamis, reaksi pengesteran, dan mekanisme reaksi fotosintesis.

5.    Bidang Pertanian
a.    Pemberantasan homo dengan teknik jantan mandul.
    Radiasi dapat mengakibatkan efek biologis, misalnya hama kubis. Di laboratorium, dibiakkan hama kubis dalam jumlah yang cukup banyak. Hama tersebut lalu diradiasi sehingga serangga jantan menjadi mandul. Setelah itu hama dilepas di daerah yang terserang hama. Diharapkan akan terjadi perkawinan antara hama setempat dengan jantan mandul dilepas. Telur hasil perkawinan seperti itu tidak akan menetas. Dengan demikian reproduksi hama tersebut terganggu dan akan mengurangi populasi.

b.    Pemuliaan tanaman
       Pemuliaan tanaman atau pembentukan bibit unggul dapat dilakukan dengan menggunakan radiasi. Misalnya pada pemuliaan padi, bibit padi diberi radiasi dengan dosis yang bervariasi, dari dosis terkecil yang tidak membawa pengaruh hingga dosis rendah yang mematikan. Biji yang sudah diradiasi itu kemudian disemaikan dan ditanam berkelompok menurut ukuran dosis radiasinya.

c.    Penyimpanan makanan
      Kita mengetahui bahwa bahan makanan seperti kentang dan bawang jika disimpan dalam waktu lama, ia akan bertunas. Radiasi dapat menghambat pertumbuhan bahan-bahan seperti itu. Jadi sebelum bahan tersebut disimpan, ia diberi radiasi dengan dosis tertentu sehingga tidak akan bertunas, dengan demikian dapat disimpan lebih lama.

Macam-Macam Sinar Radioaktif

1.    Sinar alpha (α)
Sinar α merupakan partikel bermuatan positif dengan daya tembus kecil (2,8 cm-8,5 cm di udara) dan kecepatan sekitar 1,5 x 10^7 m/s. Elemen yang mengalami radiasi α nomor massanya akan berkurang 4 dan nomor atomnya berkurang 2. Sehingga radiasi α disamakan dengan pembentukan inti Helium. Contohnya :

2.    Sinar betha (β)
Sinar betha merupakan partikel bermuatan negatif dengan daya tembus 100 kali lebih besar dari sinar α, dan memiliki massa 5,5 x 10^-4  sma. Kecepatan radiasi sinar betha mendekati kecepatan cahaya. Elemen yang mengalami radiasi β nomor atomnya akan bertambah 1, sedangkan nomor massanya tetap. Sehingga radiasi β disamakan dengan pemancaran elektron dari suatu inti atom. Contoh :

3.    Sinar Gamma (γ)
Sinar gamma merupakan gelombang elektromagnetik berenergi tinggi dengan panjang gelombang pendek. Daya tembusnya 10.000 kali sinar α. Sinar ini tidak bermuatan dan tidak bermassa.

4.    Sinar Proton
Sinar proton merupakan inti atom hidrogen dengan muatan +1.
proton

 5.    Sinar Neutron
Sinar neutron merupakan sinar radioaktif yang tidak memiliki muatan dan bermuatan 1 sma.
neutron

6.    Sinar Positron
Sinar positron merupakan sinar betha positif. Sinar betha tidak bermassa, tapi memiliki muatan +1.
positron

Rabu, 19 Desember 2012

Shoot the Targets :)

 Alhamdulillah .. Alhamdulillah .. Alhamdulillah .. Itulah kalimat favoritku di hari ini (Selasa, 19 Juni 2012) . Ini niiih alasannya:

Awal semester 6, aku mencoba untuk membuat target yang harus dicapai di semester ini. Ini sebenarnya hal baru buat aku. Ya, dari dulu aku ga pernah membuat daftar target. Semua dijalani begitu aja. Kalaupun ada, aku enggak nulis di secarik kertas lalu ditempelkan di tempat yang sering aku lihat. Aku cuma “menuliskannya” di otak dan pikiran. Lalu tibalah di suatu hari di awal semester 6, dimana aku dan teman2-kentalku mengunjungi kost salah satu sahabatku, Niken I.M. Disana, selain ngadem, kita juga saling barter membaca tugas Filsafat Ilmu, yaitu disuru menulis tentang siapa dirimu, apa target-target jangka pendek, menengah, dan panjangmu, dan apa usaha2 yang dilakukan untuk mencapai target itu. Dari situlah, Niken ini cerita kalo dia dari semester kapan gitu (aku lupa), membuat daftar target persemester, salah satunya tentang nilai-nilai mata kuliah yang harus diraih pada semester itu. Tapi sayangnya, kita-kita ga boleh liat targetnya dia. Malu, katanya… Hehehe.. Ya udah, dari situlah aku mencoba untuk mengikuti jejaknya. Aku juga berpikir, di semester 6 ini, aku udah ga boleh males2an lagi. Ga boleh ada nilai mata kuliah yang jelek lagi biar semester 8 konsen untuk skripsi. Oke, aku mulai mengambil secarik kertas bergambar kartun idolaku, Angry Birds, dan menuliskan daftar target2ku di semester 6 ini. Targetnya simpel2 aja, sih, karena baru permulaan.. Hehehe.. Mau tau isinya ??? Maaf, masi rahasiaaa .. Masi berusaha mencapainya… Kalo udah tercapai, barulah aku berani memberitaukannya :p

 …………………………..Tulis..Tulis..Tulis.. …………………………..

Done! Ada 6 target yang aku tulis di kertas Angry Birds itu. Setelah itu, aku menempel kertas tadi di pintu lemari bajuku, tempat yang selalu aku kunjungi setiap harinya.

And as time goes by …………
Masa–masa perkuliahan di semester 6 yang sibuk mulai berjalan. Praktikum, micro-teaching, presentasi, laporan, tugas, kuliah… Semuanya memang menyita waktu, tapi karena ada target inilah, aku seperti disemangati! Ya, diriku sendiri yang menyemangatiku. Mungkin kalau ga ada target2 simpel itu, aku malas belajar mungkin, yaaa.. Hohohoooo .. Hingga akhirnya……….. Di tengah2 masa kuliah semester 6, salah satu targetku, “Ga Remedi Pretest Praktikum Biokimia” tercapaiii ^o^ Saya lulus pretest praktikum Biokimia, saudara-saudaraaa.. Alhamdulillaaahh .. Goresan tinta target inilah yang menyemangatiku untuk belajar yang serius dalam persiapan pretest yang dilakukan dua kali. Seneeeeeennng banget rasanya pas tau NIM-ku ga tercantum dalam daftar siapa2 aja yang remidi pretest laporan Biokimia. Rasanya kayak lulus UAN SMA (cukup lebay but it’s true! :p) Oke, satu target telah tercapai. Cukup menjadi bahan bakar bagiku untuk dapat mencapai target-target lainnya. Fight!

Lalu, di suatu pagi di tengah2 masa kuliah semester 6 juga, ada pengumuman test untuk mengikuti les EBI (English for Bilingual Instruction) dari kampus. Sekadar intermezzo, les EBI ini merupakan les bahasa inggris yang diadakan bagi mahasiswa-mahasiswi yang akan KKN-PPL di sekolah RSBI atau SBI. Jadi, siapa yang lolos test ini, akan dilatih kemampuan bahasa inggrisnya agar bisa lebih siap apabila “diterjunkan” di sekolah nantinya. Karena aku KKN-PPLnya di sekolah RSBI, maka akupun disuru untuk ikut test ini. Oke, saya merasa menggebu-gebu lagi. Kenapa? Karena ada salah satu target semester 6-ku yang berhubungan dengan les ini, yaitu “Vocabulary + Grammar increase” . Kalo aku ikut les ini, otomatis vocabulary dan grammar-ku meningkat. Dengan antusias dan semangatnya aku mengikuti test ini. Selama masa-masa menunggu pengumuman itu, aku berdoa teruuusss, semoga diberikan yang terbaik. Dan finally, hari pengumuman itu datang juga. Aku nerima sms dari temen yang ikut test juga. Isi smsnya adalah nama mahasiswa2 yang lolos seleksi. Dan nama saya tercantum disitu! Alhamdulillaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhh!! Saya langsung loncat-loncat & jingkrak2 di kamar saking senengnya (ini beneran!). Sumpah, untuk target ini, aku ngerasa banget kalo Allah punya andil besar dalam mewujudkan targetku ini. Ya iya, soalnya pada awalnya, pas aku nulis “Vocabulary + Grammar increase” di dalam daftar targetku, langkah2 yang sepertinya bakal aku lakukan adalah dari mendengarkan lagu2 barat dan nonton film2 Barat. Udah, itu aja. Ga ada kepikiran untuk ikut les2 bahasa inggris gitu. Tapi, ternyata Allah memberikan lebih ke aku. Allah memberikan suatu jalan untuk mencapai targetku ini, yaitu les Bahasa Inggris, GRATIS, dari kampus. Sungguh2 Subhanallah dan Alhamdulillah deh rasanya ^__^ Dan yang lebih bersyukurnya lagi, aku dikasi buku modul dari les itu yang ternyata sangat2 membantu untuk mata kuliah micro-teaching-ku yang notabene harus full bahasa inggris. Rasanya pengen kupeluk erat-erat deh bukunya itu. Sangat membantu, sih! :D

Alhamdulillah, target keduaku ini tercapai :) malamnya, aku nelpon bapak ibu untuk menceritakan kejadian ini, mengenai keinginanku untuk ikut les bahasa inggris tapi ga berani minta duit ama mereka, dan ternyata malah diberikan les bahasa inggris gratis dari Allah melalui kampus. Eeehh, ternyata Bapak malah bilang, “Mbak Ida ga boleh takut minta duit gitu kalo untuk pendidikan. Kalo mau les bahasa inggris, bilang aja. Bapak dukung koq.” Aaaaaaa!!!!!!!! Seneng bangeeettt !!!! Aku mau ikut les Conversation!!!!! Tapi itu untuk target semester berikutnya aja, yang penting udah dapat lampu hijau dari orangtua. Alhamdulillaaaaaaaaaaaaaaaaahhhh!!!! ^o^ Terima kasih ya Allah !!!

-Oya, yang paling aku ingat dari pelajaran les EBI ini adalah bagaimana cara mengucapkan “temperature” dengan benar, yang “orang-bule-banget” .. Hihihiiiiii ..-

 Next untuk target berikutnya, yang baru saja tercapai di hari ini (Selasa, 19 Juni 2012) yang menyebabkan aku tak henti-hentinya mengucapkan lafadz Hamdalah untuk Allah ^___^ Yap, target “Dapat nilai kuis filsafat tertinggi + dapat award” akhirnya telah tercapai hari ini, kawan-kawan!

Jadi begini ceritanya. Di awal perkuliahan filsafat ilmu di semester 6, dosenku, Bu Antuni W., menginfokan kalo beliau akan mengadakan beberapa kali kuis selama masa perkuliahan filsafat ini. Kuis ini bersifat dadakan, lho. Dan bagi siapa yang nilai rata-rata kuisnya tertinggi, akan diumumkan saat UAS, mendapatkan award, dan mendapatkan tambahan nilai untuk UAS. Ting! Hati kecilku ngomong, “Da, ambil, Da! Ambil tantangan ini. Jadikan ini sebagai target di semester 6-mu!” . Oke, maka aku tulislah target ini di kertas Angry Birds dengan nomor urut 1. Dan begitulah….. oleh target ini, aku seperti disetir.
    “Aku harus rajin mencatat, selengkap mungkin!”,

    “Aku harus menyempatkan diri untuk membaca ulang catatan ini!”,

    “Aku harus belajar apa yang telah aku catat sebelum kuliah ini dimulai”

Sampai pada suatu hari, kuis dadakan yang pertama diberikan. Sempet merasa agak pesimis juga pas ngumpulin jawabannya karena ga terlalu bisa pas ngerjain kuisnya. Pas ngumpulin jawaban itu, aku beranikan diri untuk nanya ke Bu Antuni, “Bu, kuisnya diadakan berapa kali, ya?”. Bu Antuni bilang, “Mungkin sekitar 2-3 kali.” Oke! Aku masih punya kesempatan 1-2 kali lagi untuk memperbaiki skor kuis pertamaku supaya rata-rata kuis ini tetap bagus, dan semoga tertinggi di satu kelas! Sampai pada hari-hari selanjutnya, kuis kedua diadakan, kuis ketiga diadakan.. Lalu UAS Filsafat hari ini datang juga. Aku udah cukup deg2an. Hari ini hari penentuan, apakah target nomor 1-ku tercapai atau tidak. Setelah UAS Filsafat selesai, tibalah saat dimana Bu Antuni mengumumkan siapa yang mendapatkan nilai kuis tertinggi. Aduuuh.. dag-dig-dug banget! Tapi aku coba tutupi biar ga terlalu keliatan ama temen2 lain :p Bu Antuni mengeja NIM yang mendapatkan nilai kuis tertinggi. Dalam hati, aku juga mengikuti ejaan ibunya itu, dan berharap ibunya menyebutkan NIM yang sama denganku. “x…x…x…x…3…2…4…4…0…4…….…….8” Itulah yang Bu Antuni ucapkan. Eh, sama dengan yang aku ucapkan! Agak kaget sebentar, setelahnya aku ssssseeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnaaaaaaaaaaannng luar biasa!!! Target ketiga saya tercapai !! Ya Allah, rasanya ingin memelukMu, banyak banget berkah yang Kau berikan untukku!!!! ^______^ Setelah itu, Bu Antuni memberikan award berupa buku bertemakan Pendidikan ^__^ Aku nerima dengan seeennnaang sekali !! Makasi, ya, Allah! Makasi juga Bu Antuni! ^__^

Dan disinilah aku, di kamar kost nomor 23 pukul 13.15-13.22 WIB, menuliskan another story of my life yang rasanya tak sabar ingin kubagikan kepada anda2 semua. Sepertinya saya positif melanjutkan kegiatan menulis daftar target hidup saya dalam kertas bergambar kartun idola saya. Aheheheheee… Memang sih aku keliatan lebay :D tapi gimana ya, merasakan buah manis dari suatu perjuangan tu memang luar biasa kan teman2 ??? ^_^

  -Cukup menyesal... Kenapa ga dari dulu, ya, aku membuat daftar target seperti ini? Hehehee…-


Lagaida AR.
(Yogyakarta)

ini tentang kelas


Jaman SMA kelas 2
 

Duuuh.. bersyukurnya aku ama Tuhaaan,, ternyata Tuhan sayang ama aku ^^
Tapi,, aku malu karena baru sekarang aku bersyukurnya.. sudah ah, langsung aja aku crita!!

Dulu na, betapa aku jengkelnya masuk SBI,, begh.. jengkel banget dah! yang ada, aku maki2 semuanya,, Sekarang, aku baru nyadar, ternyata aku beruntung bisa di SBI ^^ belajar di SBI lebih mudah daripada di reguler,, guru2nya mantap !!

Di kelas reguler, seringnya aku denger "Iiih.. Pak tiiiiiiit ini ga jelas lho ngajarnya! yang ada malah ketawa2 sendiri di depan kelas,," atauuu "Kamu tau, Da, soal esay ini aku jawab ampe selembar, dan dengan santainya Bu blabla ngasi skor cuma 2 ! Mau sebanyak apalagi, coba??"

Fiuuh.. Alhamdulillah,, eeeh..bukannya aku senang ama penderitaan teman2, loh,, aku ikut prihatin, koq >_<

Yah..tapi ga bisa dipungkirin sih,, berkat kata keluhan mereka, hatiku jadi nyadar dan ingetin aku, "eh Da, bersyukur donk! Kamu bisa belajar lebih mudah, kan?! Lebih enjoy.. Hayoo,, bilang apa ama Tuhan??" =)


Dear God,
makasiii banget, ya!!!!! ^o^

How about ur college, ida?



Eh, bener deh,, jujur aku masi rada males-malesan kalo ngurus kuliah,, belum terlalu excited ! Huuuff..

Cita - cita pastilah ada.. Aku pengen berkutat ama Kimia !!
1) jadi Guru Kimia
2) Jadi Sarjana Farmasi :D

Kapan lalu.. hasil psikotest bilangnya aku cocok jadi perawat,, Public Relation,, dan Jurnalistik. Hahahaha! Ketawa aku ngebacanya!! Ga ada minat setitikpun aku ama bidang itu.. Wong aku aja males2an cari info kuliah, kayak mana aku mau jadi jurnalis?? Males cari berita ntar jadinya.. Tapiii..jadi pembaca berita ga papa, deh! kan tinggal baca doank.. Cantik, lagi.. Ga usah lusuh nyari berita :D (peace..) ^^v

Euugh..
padahal UM udah mulai diadain..
kemarin UM universitas -tiiiittt- aku ga lulus :D
kecewa iyaaa..senang juga iyaaa..
Kecewa karena ga lulus,
senang karena sebenernya aku ga terlalu niat di bidang Informatika,,

Pokoknya nyoba ajalah semua UM yang ada di Balikpapan!
Semoga ada beberapa yang nyangkut :)
Amin..
 
Pengen banget eh kimia !!

Soal,, SOal.. sOaL,.



Jaman SMA !!

Hyahahah! Uudah smester 2 !! Asik asik asikk,, Seneng aja karena di semester 2 ini, aku jadi rajin belajar :D
dulu pas semester 1 kan malesnya aiy belajar,, suka ga konsen ama pelajaran, apalagi kalo ada masalah,,
cape deeeeehh....

Semester 2,, berarti ngadepin UM ama UN,, ikut try out, ikut bimbel, ikut intensif UGM,, wew.. sibuk banget belajar,, tiap hari kerjaannya makan soaaal mulu,,
eh.. tapi belajar jadi enjoy lho kalo kita konsen ama pelajarannya,, kayak kemarin tu pas aku GO,, belajar metik.. tau laaah, aku paling ga suka ama metik! Tapi kemarin, aku dengan semangatnya duduk di barisan paling depan, trus kalo ga ngerti, nanya mulu ama gurunya =D hasilnya, aku bisa ngerjain soal di sekolah yang dikasi ama bu Nurul (^-^)v

Karena kejadian itu, aku jadi makin semangat belajar,, karena kesimpulannya, kalo kita niat belajar & ga malas nanya, PASTI BISA !!! Pasti !!! Ohya, aku udah mulai suka ama Kimia, loh, gara2 mba Hani (pengajar GO). Lumayan asik juga kimia itu,, aku paling suka ama bab Kimia Unsur,, full teori !! ga ada itungan,, ohya, aku suka juga ama bab Radioaktif, deh,, itungannya asik.. Sekarang mulai belajar suka ama semua bab kimia . .
Biar makin betah belajarnya, biasanya aku sambil dengerin musik, tapi cuma di rumah aja.. Jadi, ngerjain soal tu sambil nyanyi, "Womanizer, woman-womanizer, you're a womanizer,, Oh womanizer, oh you're a womanizer, baby . . . bla bla bla" ato lagunya "When I grow up,, I wanna be famous,, I wanna be a star,, I wanna be in movies ... lalalala" banyak dah! Sumpah, asik banget jadinya...

Ohya, ada satu lagu yang bisa bikin aku kayak di tune-up kalo lagi ga semangat belajar,,!! Hinder - Without You,, videonya sumpah bikin aku jadi semangat lagi ! :D

Kesimpulannya, belajar itu ASIK !! hahaha,, asiknya ya kalo bisa nemu jawabannya,, ;p

Helm Saya HILANG

Kejadiannya pas hari terakhir try out (Jumat, 6 Maret 2009), tu..

Seperti biasa, aku naruh helm-ku di spion motor,, ga ada firasat sama sekali pas itu,,
Oke.. abis itu ke kelas, belajar sebentar, Try Out Kimia,, nah! Jam 10.00 aku langsung pulang tuu ama Imel,,

Pas udah nyampe di motorku, "Mel, helmku ilang.." Yah, dengan santainya aku ngomong gitu,, ga ada panik, ga ada teriak, ga ada nangis.. Hahaha, memang sih, dulu aku pengennya helmku tu ilang aja deeeh! Biar dibeliin yang baru. Abis, helmku yang ilang ini bener2 helm cowok. Haha, ga cocok banget dah ama aku! Kepalaku jadi gede banget kalo pake helm itu ~o~ AKu pengennya punya helm yang gambarnya Tweety ato Tazmania itu!

Oke, lanjut ke cerita..
Setelah tau helmku ilang, aku langsung nelpon bapakku,,
"Pak, helmku ilang.." (dengan nada yang masih datar!)
"Helmnya hilaang??" (sambil ketawa)
"Iyaa.. Jadi gimana, ni? Aku pulang lewat jalan tikus aja ya pak!"
"Eh.. jangan! Tunggu bapak aja. Sekarang bapak langsung beli helm,,"
"Oh.. Ya udah.. :-( "

(aku kesaaaall,, ya iyalah, berarti aku ga bisa dibeliin helm itu donk! Kan ga bisa milih sendiri.. Gagal deh keinginanku)

Aku nunggu di motorku sambil main Zuma,, lamaaaaaaa banget! Jam 11 bapakku baru datang >_<
Aku dibeliin helm merk ***,, aku suka siiih, soalnya ini helm bentuknya ga cowok2 banget,, jadi kepalaku ga gede lagi. Tapi aku TETAP mengidam - idamkan helm  yang gambarnya Tweety ato Tazmania !!

Aku ga marah sih ama yang ngambil helmku. Aku ga nyumpah2in mereka. Cuma heran aja, kapan helmku diambil ??!! Terus, helmku diapain? Dipake? Ato dijual? Aku yakin sih anak2 smansa juga yg ngambil. Dan! Ada sekelompok anak yang aku curigain,, salah satunya aku kenal, sekelas bahkan! Ga tau yaaa..setiap ada berita kehilangan di kelasku, aku tu curiganya selalu ke dia.

Sampe rumah, aku ngelepas helm baruku, terus merhatiin tu helm. Wah! Ada yang lecet. Aku langsung mikir, ini helm lecet dari sananya atooo.. Jangan2 ini helm curian juga, ya?? Eh, sekarang marak, kan, barang2 dicuri trus dijual lagi ! Ga menutup kemungkinan helm juga diperlakukan sama,, apalagi, helm tu gampang banget buat dicuri.

Ohya!
Aku baru ingat!
Ternyata memang ada firasat,,
Jadi pas malem sebelum kejadian helmku ilang ituu, aku mimpi ngendarain motor pake helm baru,, tapi yang di mimpiku ini, aku pakenya helm Tazmania.. Hahaha!

Novel ooh Novel :p

Akhir – akhir ini aku (mencoba) doyan baca novel ! :) hehhee.. soalnya mau beli komik, bingung beli komik apa. Serial Hanalala, aku udah ketinggalan banget ama seri2nya. Sekarang udah terbit seri ke – 40 an, tapi koleksi di rumah masi sampe no. 18. Jauh juga kalo mo nyoba nerusin koleksinya iniiii. Detektif Conan ?? Ooooh.. dari dulu sampe sekarang aku SELALU sukaaa ^^ tapi nunggunya kelamaan juga. Pengennya beli komik ini pas Conan udah jadi Shinichi, trus ga bakal berubah jadi kecil lagi :D gimana nasib Gin, ya? Hahaha, aku suka banget ama karakternya Gin yang dingin :p

Novel – novelku masi dikit banget, ni ! Baru punya 4 doank. Barusan beli 2 novel lagi, tapi belum dibaca.

Novel yang udah aku punya : The Princess and The Pauper,, Cintapuccino,, sHe,, My Friends My Dreams,, Dia, Tanpa Aku,, Head Games. Nah, tanggapanku tentang mereka adalaaaah :

1) The Princess and The Pauper : Novel ini adalah favoritku! :)) ceritanya tentang kehidupan istana. Putri Carina pengen banget ketemu Ribbit, idolanya, yang bakal manggung di LA. Tapi yaa namanya juga sang Putri, jelas aja ga dibolehin oleh sang Ratu karena musti menghadiri acara kunjungan ke rumah sakit dan pesta dansa di Kedutaan. Makanya, dia tukaran peran ama Julia, anak biasa yang tinggal di LA dan mukanya sangat mirip ama Carina. Kenapa ini jadi favoritkuu ?? Jujur, aku suka dan penasaran banget ama yang namanya kehidupan istana. Cara hidup, cara bicara, gimana tingkah mereka MENYURUH para pengawal tanpa ngucapin kata “Please” sedikitpun. Hehhe, menurutku hidup mereka sangat anggun tapi juga SANGAT ribet. Yang bikin aku penasaran, apa sang Ratu ato Putri setiap hari di rumah, ketika tanpa tamu, tetep pake dress ?? Pernah ga mereka pake daster ? Jeans ? Short Pant ?? :p  
 
2) Cintapuccino : Hohohoo.. Ini sebenernya novel chicklit, jadi di dalam ceritanya ada laaah selentingan cerita2 “dewasa” :D tapi untuk keseluruhan ceritanya, aku suka banget! Ini tentang si Rahmi yang udah tunangan ama Raka dan mo nikah beberapa bulan lagi. Dan tiba – tiba sajaaa, dia ketemu ama mantan gebetannya pas SMA yang namanya Nimo. Si Nimo ini pdkt pula ama Rahmi. Ngeeeek! Bingung deh dia. Mana si Raka sok – sok “Jodoh di tangan Tuhan” lagi. Jadi dia ga ada tu yang namanya ngelakuin sesuatu untuk mempertahanin Rahmi. Sumpah kalo aku baca novel ini, aku paling jengkeeeel banget ama Raka. Dia tu cuma ngomong doang! Sok bijaksana padahal enggak sama sekali. Huek! (waduh waduh.. jadi ngaco gini). Pokoknya isi ceritanya sangat COMPLICATED dan terasa nyata (serasa baca diary orang)!! Top!

3) sHe : Novel ini tentang dua cewek, Dhinar dan Dinar. Awalnya mereka ga kenal satu sama lain. Karena mereka suka banget ama yang namanya Anime dan Manga, jadi mereka bisa ketemu di suatu perkumpulan Pecinta Anime dan Manga dan tempat les bahasa Jepang. Yah, namanya juga Anime / Manga, pasti ujung – ujungnya nyambung ke Jepang juga kan. Jadi disini ada beberapa percakapan yang pake bahasa Jepang. Karena WAKTU DULU aku lagi demen belajar bahasanya, jadi novel ini bisa sekalian buat aku belajar. Tapi sekarang aku ga suka lagi bahasa Jepang. Dan yang tersisa dari hasil pembelajaran otodidakku cuman “watashi Ida” :D


4) My Friends My Dreams : Ini novelnya juga oke, tapi aku lupa siapa aja nama tokohnya! (males ambil novelnya). Yang jelas ada tiga cewek. Si A orangnya perfect (cantik, kaya, pinter) tapi cerewet dan kalo kasi kritik, bener – bener dari hati langsung ke mulut, jadi ga disaring dulu. Si B orangnya kurus, kena asma, pemalu, minderan. Si C orangnya gendut, rambutnya cepak, pipinya jerawatan, suka makan. Novel ini nyeritain indahnya persahabatan :)

Yang dua lagi, kan, belum dibaca, jadi belum bisa diceritain :D

Pesta Kelasnya Electricity :)

Wah.. ini cerita sebenernya udah basi, ya! Soalnya ini kejadiannya pas akhir kelas 2 SMA (maka sekarang udah lulus na..)

Hahha, pesta kelas seru abis! Banyak kegiatan seru yg bikin kita nyesel, “Kenapa koq qta baru akrab sekarang??”. Ok, skrg aku mau ceritain perjalanan pesta kelas kita di Lamaru..
Hari sabtu itu, anak - anak udah ngumpul di sekolah sekitar jam setengah 10-an. Awalnya ga terlalu banyak yg datang, sih, jadi anak - anaknya pada ragu, pesta kelasnya jadi diadain pa ga. Tapi PASTI jadi donk !! Secara semua anak udah bawa persiapan dan tasnya pada gede - gede (yg cowok, sih).

Anak - anak yang ga ikut pesta kelas, seingatku tuh Patrick, yubi, prima, bete, sharon, indah, mba tir,,
Skitar jam setengah 11, kita pada pergi ke lamaru :) Dina bawa mobil sendiri dengan menebengi Rinda, Qay, Zian, & Ichal. Anak - anak cowok lainnya bawa motor, ada juga yg naik angkot, yaitu (tentu saja) aku, neno, endah, rani, helda, & fitria. Biarpun angkot, tapi seru juga, lho! Ga jelek2 amatlah.. Yg bikin bosan di perjalanan, lagu - lagunya WALI yang album pertama !!! satu album diputar, na, di angkotnya itu.. Ada lagu yg aneh, lagi! Fuuuh..

Akhirnya skitar jam 12, anak angkot nyampe duluan. Waduh, masih sepi, ni ! Anak – anak electricity belum ada yg dateng. Aku disuruh ma Neno untuk nelpon Ary “Halo, Ry, kita udh nyampe, ni ! Abis ini, qta belok kanan ato kiri?” ngomongnya nyaring, bo, soalnya di tempatnya Ary (jalanan) tu rame banget. Karena mereka ga tau, jadinya aku bilang, “Ya udh, ntar ku sms aja, ya! Yok..”

Akbar, ajie (aduh aku lupa, ini Ajie yang mana ya??), eastor + hui lee akhirnya nyampe juga beberapa menit kemudian. 3 anak motor itu pada nyari tempat di sisi kanan dan kiri lamaru. Akhirnya, diputuskan kita pesta di sisi kiri lamaru. Ngeeeeng....udah nyampe (rada jauh juga dari jalan yg lurus itu). Aku langsung sms Ary. Ga lama kemudian, anak - anaknya mulai datangan. Lengkap, deh!

Setelah beres -beres persiapan untuk duduk (nyiapin tikar), aku ma anak - anak angkot pada main di laut dengan perut lapar :I Di sana, pastilah foto – foto ;D nyiksanya aiy pas perjalanan dari pantai ke laut,, batu - batunya banyak banget.. Emang, koq, aku paling ga suka pijat refleksi kaki pake batu - batuan :(

Setelah lumayan puas main air, semua anak balik lagi ke tempatnya electricity. TERNYATA, belum ada aktivitas bakar - bakar !!! Padahal qta makin lapar. Aduuuh.. ya udah, (mau ga mau) sabar aja dulu. Jadi, untuk melupakan rasa lapar, aku merhatiin aja perjuangan anak – anak cowok nyalain bara-nya jadi merah. Lama juga, lho, ternyata. Yang aneh, kenapa lagunya Wali yang berjudul Dik itu diputar lagi ??!! Ada family day di deket tempatku, dan OST-nya tu ya lagunya Wali (aaargh... kayak ga ada band lain aja).
 
Aha, setelah bara-nya jadi, langsung deh 2 ikan dibakar. Ampuuun, bakar ikannya lama banget! Itupun baru 2, belum lagi ayam - ayamnya yg bejibun dan tentu aja ikan - ikan yang lain. Aku gelimpangan di tikar karena lapar, terkapar tidur - tiduran. Bosan juga ngeliat orang main othello. Trus, endah ngajak beli cemilan dulu. Aku ngeliat, “Eh, itu ada yg jual bakso, soto, gado - gado. Mau ga makan bakso dulu? Daripada qta kelaparan?? :p ” Ya udaaah..akhirnya, tanpa ketahuan satu orang pun, kia makan di sana (sorry yaa kita curi start :D). Yaaah, rada ngeganjal perut, laah.. tapi masih agak laper juga. Pas aku & endah balik dari beli bakso, beberapa menit kemudian, 2 ikan itu selese dibakar. Waaah! Enak, ni.. pengen cepet dimakan, tapi ga enak juga ama anak - anak yang lain. Jadi aku nunggu ada yg mulai makan dulu. “Ayo, yg anak angkot makan duluan aja. Soalnya angkotnya pulang jam 4.” (yap! Pas ikan itu selese dibakar, udah jam 3). Waah, anak - anak baik juga, ya ^^ di saat kelaparan, masih mau mikirin yg pulang duluan. Ya udah, jadi aku, Zian (padahal bukan anak angkot!), Helda, Kharina (juga bukan anak angkot, ni :D), dan siapa lagi aku lupa, pada makan duluan. Untung ayamnya juga udah selese dibakar, jadi aku ngambil paha dan nyuil – nyuil ikan (nyuil tapi banyak, lhoO!).
Udah makan, ni :) alhamdulillah udah kenyang... Tik tok tik tok...ngeliat orang makan, koq jadi agak laper lagi, ya??? Tapi males makan nasi. Wahwahwah.. Sangat kebetulan genknya Roland, Ary, Dimas, Bentar, Afry, dkk lagi mau makan ikan bakar ni.. Dan sangat kebetulan lagi, mereka duduknya deket sama aku. Hahaha, kesempatan! :p Jadi aku nyuilin ikan – ikan mereka. Hahahha! Anggap aja sebagai imbalan lah ya, kawan, soalnya aku kan yang ngambilin termosnya nasi ke kalian (?? semana kan ya, Da??). Ih wow, sambel buatan Mamanya ... ngng.. Mamanya Dimas kayaknya, ENAAAK banget !! Aku yang sebenarnya bukan pecinta pedas, malah ketagihan ama sambelnya ini :D

Sudah jam 4, ni,, tapi ternyata namanya juga kita – kita ga mau acara cepet selesai, jadi anak - anak angkot ga pulang dulu. Malah diajakin foto - foto satu kelas ma akbar. Kita fotonya di laut gitu. Ada adegan loncatnya, lagi.. Apa ga basah semua. Ada yang airnya sempet masuk mulutku! Week..asin banget!

Setelah puas foto - foto, anak anak pada main air dulu. Yang anak - anak angkot ini udah balik ke tempat electricity. Wah! Ada 3 ikan yg dibakar, tapi belum diangkat. Gila memang anak - anak yg bertanggung jawab ma ikan - ikan itu! Untung aja ga ada yang namanya kucing di pantai. Ting! Kita aja sudah yang jadi kucingnya! Jadi, anak - anak angkot ada nyolong satu ikan, tu :D ini berdasarkan idenya endah , lhoo. Setelah itu, kita pada manggil anak - anak cowoknya buat jagain tempat karena kita, anak - anak angkot, udah mau pulang.

Ampe rumah sekitar jam 6. Di perjalanan pulang juga asik lagi karena kita pada ngobrol sambil menikmati ikan hasil curian tadi :p Tapi yg parah, lagi – lagi lagunya WALI !!

Resensi Avatar the Last Airbender Movie

 Tanggal 10 Agustus 2010, aku nonton yang versi 2D di bioskop ** di Amplaz.. Dan ini resensi film versiku (hehehe).. Ohya, aku ngebandinginnya ama kartunnya, lho, ya:

Sinopsis :
Untuk Avatar the Last Airbender ini, cerita yang ditampilin baru yang Book One: Water. Haha, kupikir semua book bakal diceritain langsung, ternyata enggak. Jadi ini film yang berkelanjutan alias to be continued.. Setauku, ceritanya sama ama yang versi kartun. Awal cerita, Katara ama Sokka nemuin Aang yang beku di es. Trus, ada Appa juga disitu. Wah, Appa lucu banget deh..! mukanya item tapi sama persis kayak di kartun, dan terlihat nyata..! Kemunculan Aang ini memancarkan sinar yang menjulang tinggi sampai ke langit, dan hal ini diliat ama Pasukan kerajaan Api, dimana ada Pangeran Zuko disitu. Si pangeran ini disuru ama bapaknya untuk membawa Avatar ke kerajaan Api. Ya sudah, pengejaran terhadap Avatar alias Aang ini dimulai. Sempet beberapa kali ketangkep, tapi akhirnya si Aang ini lolos. Dan dengan bantuan Katara, Sokka, dan Appa, Aang memulai perjalanannya untuk mengasah kemampuan pengendalian Udara, Air, Tanah, dan Apinya. Di serial ini, kita bakal ketemu ama Momo, yang juga sama persis kayak di kartun. Sangat menggemaskan! Kita juga bakal ngerasain jengkel yang teramat sangat ama Kerajaan Api yang sukanya buat rusuh dan kacau kerajaan-kerajaan lain dan masyarakatnya. Kita juga akan bertemu dengan Jet, cowok yang awalnya ditaksir ama Katara tapi akhirnya malah dibenci, soalnya Jet ini memiliki niat jahat dengan memanfaatkan kemampuan pengendalian airnya Katara. Hehehe, ceritanya cuma ini aja yang kuingat, soalnya rada ketiduran sebentar :p

Kelebihan :
    Kita bisa melihat dengan nyata kelihaian para pengendali air dalam mengendalikan airnya. Gerakannya sangat halus dan lembut, lho! Efek-efeknya juga sangat nyata dan natural, ga dibuat-buat.
    Tempat-tempatnya juga sangat bagus. Misalnya saja kerajaan Air bagian Selatan. Waaah..tempatnya sangat indah,, kastilnya terbuat dari es yang sangat sempurna.
    Tokoh pemeran Aang lumayan mirip, pipinya tembem. Tokoh katara juga cantik dan rambutnya sama persis kayak di kartun. Sokka juga demikian, tapi kalo di film, dia lebih cakep.. Hehehe..
Kekurangan :    Tingkah laku Aang di film ini agak berbeda ama di kartun. Kalo di kartun, kita bisa melihat kalo Aang adalah sosok yang serius, tapi juga bisa konyol dan suka bercanda. Kalo di filmnya, ow ow… Aang selalu serius,, Sokka juga demikian. Kalo di kartunnya, dia sering bertindak ceroboh dan cukup lucu juga, tapi kalo di film, dia rada jarang bersikap kayak gini. Dia malah sering serius dan cukup bijaksana.
    Pangeran Zuko-nya juga lebih keren yang di kartun! Paman Iroi yang di film tu ga gendut (ga kayak di kartun).

Kesimpulannya :
Film ini asyik juga buat ditonton, lho! Kekurangannya tolong dimaklumin aja karena biasanya tokoh di kartun memang lebih lucu daripada yang asli… hehehe.. (sama aja kayak Detective Conan versi manusia). Aku ga sabaran nunggu serial Avatar selanjutnya, yaitu Book Two ama Book Three. Yang bikin penasaran dan ngangenin adalah cakepnya Sokka (hahaha :D), gerakan-gerakan pengendalian, dan efek-efek saat lagi mengendalikan air, api, udara, ataupun tanah. Mungkin kalo ditonton dalam 3D tu lebih OK lagi ;-)

My Family is My Soul !

Uaaah… Kangen banget ama Balikpapan, kotaku tercinta... “Balikpapan kubangun, kujaga, kubela” .

Baru beberapa bulan aku ninggalin kota itu, aku udah lupa kotanya kayak mana... Ini bisa dibuktikan dengan pembicaraan yang tidak sengaja terjadi beberapa malam yang lalu dengan sang Ayah tercinta :


Aku : Nanti bapak mau beli voucher *** GPRS dimana ?

Bapak : Di BP (Balikpapan Permai) aja, mbak.. Kalo di toko kecil, biasanya ga njual...

Aku : Di BP ?? Emang ada toko pulsa, ya, disana ? Emangnya di toko langganan kita yang di Dam tu ga njual ? (perhatian, Dam disini bukan suatu bendungan, tapi merupakan nama daerah... Sejenis kayak Kentungan / Kaliurang / Gejayan di Jogja)

Bapak : Ga tau juga (kebiasaan sang Ayah tercinta, berkesimpulan sebelum mencoba. Tapi aku tetap cinta Ayaaah :D ) Di toko gede ada.. Yang tempat jualan hape itu, lhoo..

Aku : Ah... Aku udah lupa BP tu kayak mana, pak... Hihii..

Bapak : Daaaaaggh.... (kebiasaan sang Ayah tercinta (lagi). Kata “Daaagh” disini bisa diartikan sebagai “Hahaha.. Luweh luweeeh ( ini bahasa Jogja yang artinya “Sembarang kamu deh, Nak.. Bapak nda dengaaar..”))

Aku kangen rumah juga... Kangen ama bapak, ibu, dan adekku satu – satunya. Kalo inget bapakku, Pak Anang H.S. (Hahahaa..) yang terpikirkan adalah :


Thanks buat sang Ayah tercinta yang udah menularkan sifat suka beres2nya ke aku... Padahal dulu aku di rumah tu paling males beres2 rumah.. Tapi pas udah hidup sendiri, kerjaanku setiap hari yaa beres2in kamar kostku juga. Pokoknya ndak tahan liat hal yang kotor / berantakan. Sangat “Bapak” sekali ! Sifat lain beliau yang (sepertinya) ditularkan lagi kepadaku tu kayaknya .... Sifat menyayangi barang kayak motor,, sifat suka tidur,, sifat suka nyari kerjaan / sok sibuk,, sifat sabarnya yang luarrr biasa,, dan sifat lain yang tidak bisa kusebutkan disini karena keterbatasan ruang (beeeh...kayak “ucapan terima kasih”nya pengarang novel2 yang kubaca)”

Nah, kalo inget bundaku tersayang yang gaul gituu (hahahaa), Ibu Amini (yang memang mini untuk ukuran ibu – ibu), yang terpikirkan adalah :

    Kalo kita berdua lagi di rumah, pasti nonton acara gosip bareng2 sambil saling berkomentar... Contoh komentar yang biasanya kami lontarkan, “Yaaah... Ceweknya cantik, tapi kenapa kebanyakan pacarnya jelek2 ?” atau “Hahaha.. Ini lagi promosi produk, Bu / Mbak Ida (ini panggilan buatku kalo di rumah). Ganti channel aja !”
    Mau ngucapin terima kasih jugaaa karena udah menularkan sifat suka menata ruangan kepadakuu... Sampe sekarang, setiap hari aku selalu memikirkan gimana caranya biar kamarku bisa terlihat rapi, luas, ga sumpek, dan penataannya sesuai.. Ayo Bu ke Jogja, cek kamarku, udah oke apa belum ??
    Sifat lain yang ditularkannya kepadaku : Sifat berjuang dulu alias nabung kalo mau beli barang (jadi ga minta2 ama Bapak),, sifat mucil / bandelnya yang suka melakukan sesuatu tanpa izin, trus setelah kegiatannya itu selesai, beliau baru cerita ama Bapak... Hahaha, aku berhasil mempraktikkannya pas nge-smoothing rambut... Pas rambutku udah di – smoothing, aku baru ngasi tau Bapak ama Ibu... Hehhe ;-) yang penting, kegiatannya itu positif, koq.
    Sifat suka ketawanya, dan kalo ketawa tu ngakak. Aku pertama kali denger ibu ketawa ngakak tu pas nonton Opera Van Java. Ini bener2 nular banget ke aku, deh ! Sampe2 aku selalu diinget temen karena ketawaku yang ga-cewek-banget :D
    Sifat utamanya ibu yang dari dulu pengeeen banget kutiru tu : SUPEL. Beliau tu gampang banget nyari temen. Aku pengeeen :-( beliau temennya banyak, beliau suka bercanda, beliau enak diajak ngobrol, banyak yang suka ama beliau. Aku udah nanya gimana caranya, tapi susah dipraktikkan karena terbentur dengan sifat pemalu / takut yang diwariskan oleh sang Ayah tercinta... Haduh, Ibu yang supel dan Bapak yang pemalu... Aku memiliki perpaduan dua sifat ini.. Kalo sifat Ibu lagi dominan, aku bisa gampang nyari temen. Tapi kalo sifat Bapak lagi kambuh, yaaah... ya sudah, takut buat ber say-hello duluan...


Sekarang, kalo aku inget adekku yang bernama Muhammad Ridwan, panggilannya Ririd (nama cewek bangeeet !! ;p ) , yang terpikirkan pertama kali adalah NGERJAIN DIA, NGISENGIN DIA !! Selain itu :

    Aku selalu suka ngolokin dia kayak gini, “Dek ririd bau.. Dek ririd jelek.. dek ririd hawek (ini kata buatan adekku yang sebenernya kita berdua ga tau artinya... Pokoknya artinya jelek aja lah) ... Enakan jadi cewek, cowok tu ga enaaak...” Selalu ada kepuasan tersendiri kalo berhasil buat dia marah ato ngadu ama Ibu / Bapak :D
    Kalo aku pulang, pasti rebutan ngenet. Dan pastilah aku yang menang, soalnya Bapak membelaku dengan kata2 manjur yang diucapkan ke adekku, “Mbak Ida cuma sebentar disini.” Lagaida Likes This, Dad ! ;) Kalo mbayar Speedy-nya membludak, aku suka ngerjain adekku, suka nyalahin dia, “Kamu sih main internet ga tau waktu... Kan kasian bapak. Nanti kalo speedy-nya dicabut, kapok kamu!” Kalo sudah gitu, dia ngomel – ngomel sendiri... Hahaha,,
    Kita suka rebutan nonton. Dia pengen nonton Cartoon Network ato Animax, aku pengen nonton MTV ato HBO. Tapi kita kompak kalo nonton Doraemon Petualangan, Yu Yu Hakusho, ato Laptop si Unyil.
    Kalo aku udah bikin dia sebel banget, dia ngomel kayak gini, “Mbak, kamu kapan ke Jogja lagi, sih ? Sana cepetan balik ! Aku jadi menderita kalo kamu di rumah!” Mantaaap !! Aku pasti ketawa ngakak kalo denger dia ngomong gitu... Mission accomplished !

Yah, intinya sih ngerjain adek, yaa.. hehehe,, tapi ini udah hal lumrah, tho ? ;p kalian yang berstatus “kakak”, pasti sebagian besar juga bertindak sama seperti aku, kaaan ?? (Hayo ngaku aja.. Itu adalah hak kakak, koq :D ) Kata2 favorit yang sering aku bilang ke dia mengenai enaknya menjadi seorang kakak, “Ga enak kan jadi adek ?! Makanya jangan lelet.. Lahir aja lelet, jadinya aku duluan yang lahir,, coba kamu duluan yang lahir, kan kamu yang sekarang jadi kakak.”

Tapi biarpun aku paraaah banget ngerjain adekku, aku tetep sayang banget koq ama dia =D hehehe.. (Tapi jangan sampe adekku baca.. Aku maluuu ;p)

Tunggu kepulanganku bulan Februari ini, orang2 rumah !! :-) (kalo jadi... heheee). Pengen deh buat surprise, yaitu aku pulang diem – diem, tiba – tiba aku udah di depan rumah, ngetok – ngetok pagar, dan pas dibuka ama Bapak / Ibu, jeng jeng jeeeeng... Aku udah di depan rumah dengan cengiran andalanku sambil nenteng koper... Hwaaa, gimana yaa ekspresi kaliaaan ? Pasti Ibu heboh, deeh.... (kayak aku yang suka heboh sendiri ;p aaah...Aku memang anaknya Ibu =D)

Model Atom

Model atom yang telah dikenal adalah model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr, dan De Broglie (mekanika gelombang).

A.  MODEL ATOM DALTON
      1.  Atom adalah partikel – partikel kecil yang menyusun materi atau zat.
      2.  Atom adalah partikel terkecil dari suatu zat atau materi sehingga tidak dapat dibagi lagi.
      3.  Atom mempunyai sifat yang sama atau identik untuk unsur tertentu.
      4.  Atom akan berikatan untuk membentuk suatu molekul.

Model Atom Dalton



B.  MODEL ATOM THOMSON
      1.  Atom terdiri dari materi yang pejal bermuatan positif dan dikelilingi muatan – muatan negatif (seperti roti kismis, dengan kismis sebagai muatan negatifnya).
      2.  Atom bersifat netral.

Model Atom Thomson


C.  MODEL ATOM RUTHERFORD
       1.  Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif.
       2.  Massa atom terkonsentrasi pada bagian inti (pusat).
       3.  Atom bersifat netral karena jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif.

Model Atom Rutherford


D.  MODEL ATOM NIELS BOHR
       1.  Elektron beredar pada lintasan dengan tingkat energi tertentu.
       2.  Perpindahan elektron disertai penyerapan atau pelepasan energi.
       3.  Atom seperti sistem tata surya, yaitu inti atom sebagai matahari dan elektron sebagai planet – planet di sekitarnya.

Model Atom Niels Bohr


E.  MODEL ATOM DE BROGLIE (MEKANIKA GELOMBANG)
       1.  Gerakan materi adalah suatu gerakan gelombang. Dengan demikian elektron yang merupakan materi juga merupakan gerakan gelombang.
       2.  Elektron tidak mempunyai lintasan tertentu.
       3.  Elektron menempati jarak – jarak tertentu dari inti atom.


Penyusun Atom

Atom merupakan bagian terkecil dari suatu materi. Atom tersusun atas partikel elektron, proton, dan neutron. Massa atom terpusat dalam inti atom.

1.  ELEKTRON
     -  Elektron berada di kulit dan mengitari inti atom.
     -  Sifat – sifat elektron :
           a.  berasal dari katoda dengan lintasan membentuk garis lurus;
           b.  bermuatan negatif ;
           c.  memiliki momentum.
     -  Elektron dianggap sebagai penyusun dasar semua materi.
    - Besarnya muatan elektron adalah 1,602 x 10^-19 C atau 4,803 x 10^-10 s.e.s (ditemukan oleh R.A. Milikan pada tahun 1906 berdasarkan percobaan tetesan minyak).
     -  Massa elektron sebesar 9, 11 x 10^-31 kg (berdasarkan percobaan Thomson dan Milikan).
2.  PROTON
     -  Proton adalah ion H+, merupakan suatu satuan partikel bermuatan positif dalam atom.
     -  Proton memiliki massa 1, 673 x 10^-27 kg.
     -  Proton berada di dalam inti atom.
     -  Dalam atom bermuatan netral, banyaknya proton akan sama dengan jumlah elektronnya.

3.  NEUTRON
     -  Merupakan partikel subatomik yang tidak bermuatan (netral).
     -  Memiliki massa 940 MeV/c² (1.6749 × 10^-27 kg, sedikit lebih berat dari proton)
     -  Di luar inti atom, neutron tidak stabil.
    -  Neutron memiliki paruh waktu sekitar 10 menit, meluluh dengan memancarkan elektron dan antineutrino untuk menjadi proton.


Titrasi Argentometri Metode Volhard

Titrasi argentometri dengan cara Volhard didasarkan atas pengendapan perak tiosianat dalam larutan asam nitrat dengan menggunakan ion besi (III) untuk mengetahui adanya ion tiosianat berlebih. Cara ini digunakan untuk titrasi langsung atau tidak langsung. Cara titrasi langsung digunakan untuk menentukan kadar perak dan cara titrasi tidak langsung digunakan untuk menentukan kadar klorida.

Cuplikan yang mengandung klorida direaksikan dengan perak nitrat berlebih, selanjutnya kelebihan perak nitrat dititrasi dengan larutan tiosianat standar yang diketahui konsentrasinya. Titik akhir titrasi dapat diketahui dengan terbentuknya warna merah dari kompleks besi (III) tiosianat.

Metode Volhard pertama kali diperkenalkan oleh Jacobus Volhard, ahli kimia dari Jerman pada tahun 1874. Dengan metode ini, larutan standar AgNO3 berlebih ditambahkan ke dalam larutan yang mengandung ion halogen (misalnya Cl-). Kelebihan ion Ag+ dalam suasana asam dititrasi dengan standar garam tiosianat (KSCN atau NH4SCN) menggunakan indikator larutan Fe3+. Sampai titik ekivalen, terjadi reaksi antara titran dan Ag+ membentuk endapan putih. Kelebihan titran menyebabkan reaksi dengan indikator membentuk senyawa kompleks tiosianato ferrat (III) yang berwarna merah. 


Dalam proses titrasi ini terjadi pengendapan bertingkat, yaitu pengendapan ion halida atau Cl- menjadi AgCl dan pengendapan garam AgSCN. Kedua garam tersebut dalam sistem larutan ada dalam kesetimbangan sehingga persamaan berikut dipenuhi.

Titrasi Argentometri Metode Mohr

Konsentrasi ion klorida dalam suatu larutan dapat ditentukan dengan cara titrasi dengan larutan standar perak nitrat. Endapan putih perak klorida akan terbentuk selama proses titrasi berlangsung dan digunakan indikator larutan kalium kromat encer. Setelah semua ion klorida mengendap, maka kelebihan ion Ag+ pada saat titik akhir titrasi dicapai akan bereaksi dengan indikator membentuk endapan coklat kemerahan Ag2CrO4. Prosedur ini disebut sebagai titrasi argentometri dengan metode Mohr. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut:


 Yang perlu diperhatikan dalam melakukan titrasi dengan metode Mohr adalah titrasi dilakukan dengan kondisi larutan berada pada pH dengan kisaran 6,5-10. Hal ini karena ion kromat adalah basa konjugasi dari asam kromat. Jadi, jika pH dibawah 6,5 maka ion kromat akan terprotonasi sehingga asam kromat akan mendominasi di dalam larutan. Akibatnya dalam larutan yang bersifat sagat asam, konsentrasi ion kromat akan terlalu kecil untuk memungkinkan terjadinya endapan Ag2CrO4 sehingga hal ini akan berakibat pada sulitnya pendeteksian titik akhir titrasi. Pada pH diatas 10 maka endapan AgOH yang berwarna kecoklatan akan terbentuk sehingga hal ini akan menghalangi pengamatan titik akhir titrasi. Analit yang bersifat asam dapat ditambahkan kalsium karbonat agar pH-nya berada pada kisaran pH tersbut atau dapat juga dilakukan dengan menjenuhkan analit dengan menggunakan padatan natrium hidrogen karbonat.


(sumber: http://kimiaanalisa.web.id/argentometri-metode-mohr)

Titrasi Argentometri Metode Fajans

Salah satu cara untuk menentukan kadar asam-basa dalam suatu larutan adalah dengan volumetri (titrasi). Volumetri (titrasi) merupakan cara penentuan kadar suatu zat dalam larutannya didasarkan pada pengukuran volumenya.
 
Istilah Argentometri diturunkan dari bahasa latin Argentum, yang berarti perak. Jadi, Argentometri merupakan salah satu cara untuk menentukan kadar zat dalam suatu larutan yang dilakukan dengan titrasi berdasarkan pembentukan endapan dengan ion Ag+. Pada titrasi argentometri, zat pemeriksaan yang telah dibubuhi indikator dicampur dengan larutan standar garam perak nitrat (AgNO3). Dengan mengukur volume larutan standar yang digunakan sehingga seluruh ion Ag+ dapat tepat diendapkan, kadar garam dalam larutan pemeriksaan dapat ditentukan.
 
Metode Fajans menggunakan indikator senyawa organik yang dapat diserap pada permukaan endapan yang terbentuk selama titrasi argentometri berlangsung. Indikator yang biasa digunakan yaitu indikator adsorbs diiododimetilfluoresen dan fluoresen AgNO3 juga distandarisasi dengan NaCl dengan menggunakan indikator fluorescein. Metode ini disebut dengan metode Fajans. Metode ini menggunakan adsorbsi yaitu merupakan zat yang dapat diserap pada permukaan endapan sehingga dapat menimbulkan warna. Metode Fajans dapat digunakan untuk menetapkan kadar halida dengan menggunakan indikator adsorbs. Jika AgNO3 ditambahkan ke NaCl yang mengandung zat berpendar fluor (ditambahkan indikator fluorescein), titik akhir ditentukan dengan berubahnya warna dari kuning menjadi merah jingga dengan endapan berwarna merah muda. Pada saat itulah tercapai titik ekivalen. Reaksi yang terjadi adalah :


Endapan berwarna merah muda dengan endapan berwarna orange disebabkan karena pengaruh warna fluorescein dan adanya adsorbs indikator pada endapan AgCl. Wana zat yang terbentuk dapat berubah akibat adsorbs pada permukaan.
 

(Sumber: Day A.R dan Underwood, A.L, 1990, Analisa Kimia Kuantitatif, Erlangga, Jakarta)

Polarimeter

Cahaya merupakan gelombang elektromagnit yang terdiri dari getaran medan listrik dan getaran medan magnet yang saling tegak lurus. Bidang getar kedua medan ini tegak lurus terhadap arah rambatnya. Sinar biasa secara umum dapat dikatakan gelombang elektromagnet yang vektor-vektor medan listrik dan medan magnetnya bergetar kesemua arah pada bidang tegak lurus arah rambatnya dan disebut sinar tak terpolarisasi.
 
Apabila sinar ini melalui suatu polarisator, maka sinar yang diteruskan mempunyai getaran listrik yang terletak pada satu bidang saja dan dikatakan sinar terpolarisasi bidang (linear). Bila arah transmisi polarisator sejajar dengan arah transmisi analisator, maka sinar yang mempunyai arah getaran yang sama dengan arah polarisator diteruskan seluruhnya. 
 
Tetapi apabila arah transmisi polarisator tegak lurus terhadap arah analisator maka tak ada sinar yang diteruskan. Dan bila arahnya membentuk suatu sudut maka sinar yang diteruskan hanya sebagian. Sinar terpolarisasi linear yang melalui suatu larutan optik aktif akan mengalami pemutaran bidang polarisasi.

Apabila bidang polarisasi tersebut terputar kearah kiri (levo) dilihat dari pihak pengamat,
peristiwa ini kita sebut polarisasi putar kiri. Demikian juga untuk peristiwa sebaliknya (dextro).
 


Cara menggunakan polarimeter dapat dilihat pada gambar berikut:


(sumber : http://kimia.akprind.ac.id/)

Selasa, 18 Desember 2012

Cara Gampang "Cinta" Kimia

Menurutmu, apakah kimia itu pelajaran yang mengerikan? Sebenarnya belajar kimia itu sangat mudah bila kita mengetahui teknik-teknik untuk memahaminya. Nah bagi kamu yang ingin lebih mudah memahami pelajaran kimia maka baca tips ini, deh :

1.    Jangan Katakan Benci pada “Pelajaran Kimia”
Salah satu hal yang membuat kita tidak suka pelajaran kimia adalah kita sudah menetapkan hati bahwa kita membenci pelajaran tersebut. Bukankah lebih mudah memahami sesuatu jika kita lebih menyenanginya atau mencintainya? Anggap saja kimia itu sebagai gebetan baru kamu, yang belum kamu ketahui sifat dan keunikannya. Dengan demikian akan tumbuh rasa penasaran dan kita akan berusaha untuk menemukan sifat-sifat tersebut. Jadi kalo kamu mendapatkan pelajaran kimia, hindari mengeluh, menjelek-jelekkan, atau membenci si kimia ini, ya... Akan lebih oke kalo kita taksir si kimia ini, kita curi pandang padanya, lalu kita selidiki segala keunikan yang dimilikinya dengan semangat dan penuh cinta. Ihihihii ^_^

2.    Pahami Dahulu Teorinya
Si Kimia ini membutuhkan pemahaman teori untuk menyelesaikan soal-soalnya. Dengan memahami teorinya maka dengan mudah kamu bisa menerapkannya untuk menyelesaikan soal. Contohnya, bagaimana mungkin kita bisa menjelaskan apa itu atom, jika kita tidak mengerti pengertian atom itu sendiri? Nah rajin membaca buku kimia atau browsing aja di internet agar pemahaman kamu semakin meningkat.

3.    Ingat Rumus Kimianya
Mungkin ini mimpi buruk bagi kamu. Tapi mengingat rumus itu penting. 100% penting sebab rumus itu bagaikan alat untuk dapat menyelesaikan soal kimia. Bagaimana kamu bisa membuat roti jika kamu tidak punya alat pemanggangnya? jadi bagaimana mungkin kamu bisa menyelesaikan soal kimia jika kamu tidak tahu rumus yang akan digunakan?

4.    Sering-Seringlah Latihan
Berapa banyak soal kimia yang dapat kamu kerjakan? 10, 50, 100 perminggu? semakin banyak kamu latihan soal maka semakin terlatih dalam menyelesaikan soal. Latihan soal membuat kita selalu ingat akan teori kimia dan berita baiknya adalah kita bisa menghafal rumus dengan sendirinya.

Sumber : http://belajarkimia.com

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification